Sunday, May 8, 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN

Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa setiap orang tidaklah sama, karena masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain:
  1. Harga barang ; Jika harga makin tinggi maka permintaan makin rendah dan begitu sebaliknya jika harga barang rendah maka permintaan akan barang tersebut makin tinggi.
  2. Pendapatan masyarakat ; Makin tinggi pendapatan seseorang maka makin besar daya beli yang ia miliki, sehingga permintaan akan barang dan jasa pun meningkat, dan begitu sebaliknya jika orang berpenghasilan rendah maka pemintaan akan barang dan jasa pun akan menurun.
  3. Selera masyarakat ; Jika selera masyarakat meningkat maka permintaan pun meningkat pula, dan sebaliknya. Selera masyarakat sering disebut mode atau tren.
  4. Kualitas barang ; Makin tinggi kualitas suatu barang maka keinginan (permintaan) orang untuk dapat memiliki barang tersebut makin besar.
  5. Harga barang lain yang berkaitan ; Harga barang lain yang dimaksud ini adalah barang substitusi. Yaitu barang pengganti yang sama fungsinya dengan barang yang dibutuhkan.
  6. Waktu ; Pada waktu-waktu tertentu permintaan terhadap barang dan jasa bisa meningkat dari pada hari-hari bisa, seperti pada saat lebaran atau hari-hari besar/istimewa yang lain.
  7. Jumlah penduduk ; Makin besar jumlah penduduk maka makin besar pula permintaan terhadap barang dan jasa, dan sebaliknya.
  8. Kejadian yang akan datang ; Isu sering kali dikembangkan untuk mempengaruhi permintaan agar dapat meningkat, seperti adanya berita tentang kenaikan BBM, kenaikan sembako dll.
Demikian tadi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

5 comments:

  1. iya biasanya di waktu2 tertentu seperti hari2 besar seperti lebaran barang dan harga jual malah naik tajam, yang saya tahu

    ReplyDelete
  2. yah emang seperti itulah kenyataannya, dan itu sudah hal yang biasa koq.

    ReplyDelete
  3. like it :)
    join me sriiwahyuniiap3.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Interupsi sejenak ...
    Yang mempengaruhi permintaan bukan waktu jika alasan yg dipaparkan seperti di atas, melainkan pengaruh budaya masyarakat. misalnya lebaran khusus untuk daerah asia tenggara. meskipun di Arab sana, lebaran seperti hari biasa pada tingkat permintaan barang. jadi tidak ada Demand pull Inflation.

    ReplyDelete